Selasa, 02 Oktober 2018

Apasih bedanya Ilmu Grafik Komputer dan Ilmu Pengolahan Citra?

Sesuai judulnya, disini kita akan membahas perbedaan Ilmu Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Nah sebelum masuk ke intinya, yuk kita bahas dasarnya dahulu.

Gambar-Keren-Leicester-City.jpg

Gambar. Yang kita tahu selama ini bahwa gambar adalah suatu karya yang terdiri dari garis, titik, bidang dan memiliki warna yang beragam. Tujuannya untuk menggambarkan sesuatu yang nyata ataupun tidak nyata sesuai dengan imajinasi kita.

Lalu dari kata gambar, muncul istilah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. Banyak orang yang menganggap bahwa keduanya memiliki makna yang sama. Yaitu sama-sama dari gambar. Tapi apa benar begitu?

Mari kita cari tau lebih jauh satu per satu.

Apa itu Grafik Komputer?


Grafik komputer secara umum memiliki arti bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Sederhananya gambar dibuat menggunakan teknologi komputer. Atau menciptakan suatu gambar obyek sesuai dengan obyek di alam nyata melalui media komputer.

Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah 2D atau dua dimensi yang merupakan sebuah bidang. Dua dimensi diambil dari sebuah benda yang memiliki panjang dan lebar. 2D ini kemudian berkembang menjadi 3D atau tiga dimensi yang merupakan sebuah ruang. Dimana gambar diambil dari sebuah benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi.

Grafika komputer juga punya bagian-bagian. Ada geometri (menggambar permukaan bidang), animasi (menggambarkan dan memanipulasi gerakan), rendering (algoritma untuk menampilkan efek cahaya), dan citra (pengambilan dan menyuntingan gambar).

Apa contoh dari Grafik Komputer dalam kehidupan sehari-hari?

Tentu banyak banget, mulai dari film animasi seperti Doraemon atau Big Hero 6. Sticker, logo, kartun, dan hal lainnya yang menggunakan komputer grafis untuk sebuah karya seni juga menggunakan teknik grafik komputer. Ada video games, ada yang menggunakan dimensi 2 (seperti tetris atau pac man) maupun dimensi 3 (seperti Minecraft atau Call of Duty). Dan masih banyak lagi seperi CAD, CASE, VR (Virtual Reality).


Desain Sticker sebagai contoh grafik komputer
Doraemon sebagai contoh karya grafik komputer dalam bidang film

Kalau begitu bagaimana dengan Pengolahan Citra? Apa itu Pengolahan Citra?

Pengolahan citra sebenarnya saling berhubungan dengan grafik komputer. Namun pengolahan citra memiliki arti sebagai proses memperbaiki kualitas citra agar tampil menjadi lebih baik. Gampangnya, pengolahan citra itu meng-edit atau mengubah beberapa elemen dari suatu gambar dengan tujuan agar gambar tersebut kualitasnya lebih baik sesuai keinginan pemakai.

Pengoalahn citra ini dilakukan untuk mentranformasikan citra menjadi citra lain untuk tujuan peningkatan kualitas citra dan dan pemulihan citra.

Contohnya?

Tentu banyak.

Di bidang kesehatan terdapat rontgen, suatu tindakan menggunakan radiasi untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh seseorang. Fungsinya untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan dalam tubuh pasien. Satelit, GPS, dan foto dari kamera yang kita punya juga merupakan pengolahan citra.

Mikroskop elektron adalah salah satu contoh lain dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran. Cara kerjanya sebuah mikroskop dapat memperbesar detail sangat kecil menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar.

Foto Rontgen tubuh manusia
Mikroskop Elektron

Lalu perbedaan keduanya apa? Grafik Komputer dan Pengolahan Citra?

Nah sesi ini nih yang penting.

Sebenarnya pengolahan citra dan grafik komputer sama-sama berhubungan dengan visual, tidak banyak terdapat perbedaan dalam keduanya.

Perbedaannya adalah dalam grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar dari awal dengan menggunakan teknologi komputer. Bentuk sederhananya dua dimensi dan berkembang menjadi tiga dimensi.

Sedangkan pengolahan citra, gambar yang diambil atau yang sudah tersedia di input ke dalam proses pengolah citra sehingga dapat dilakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.



Teknologi sudah berkembang pesat di dunia milenium. Grafik komputer yang tadinya hanya mengandalkan dua dimensi, kini telah berkembang menjadi tiga dimensi. Sesuatu yang dulu dianggap mustahil.

Banyak citra yang tercipta lewat kreatifitas manusia. Banyak citra yang positif yang bersifat menghibur, juga banyak citra yang negatif. Hal yang perlu diingat adalah bagaimana kita dapat memberikan karya citra maupun grafik dengan sebenar-benarnya agar dapat dimanfaatkan, berguna, juga menghibur (dalam bentuk positif) banyak orang.


Penulis,

Ainindia.



Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengolahan_citra
https://satriormdhn14.wordpress.com/2015/11/22/perbedaan-antara-ilmu-grafik-komputer-pengolahan-citra/

6 komentar: